Belajar Bereksperimen

Hayuuuk belajar IPA lagi..
Jangan bilang sudah lupa yaa..
Kegemaranku terhadap tanaman makin menjadi..suka sekali!
Kebetulan aku mempunyai tanaman belimbing di halaman rumah, berawal dari ingin menanam tanaman buah yang berair tapi simple maka kupilihlah belimbing. Kalau jambu air takut banyak ulet bulunya, dan yang pasti takut mati hehe.
Ada rasa sedih karena belimbingku makin hari daunnya layu, kering dan berwarna kuning.

Daun menguning dan kering
Aku pikir jika lama-lama dibiarkan seperti ini tanamanku bakal mati, akhirnya kuputar otak bagaimana supaya dia tetap bersemi. Aku googling dan aku tanya-tanya tetangga yang pakar tanaman.
Setelah kudapatkan infonya, agar tanaman tumbuh subur harus benar cara perawatannya yaitu :

1. Mengecek Kondisi Tanaman dan Media Tanam
2. Melakukan Penyiraman
3. Berikan Penyinaran Cukup
4. Pindahkan ke Media Tanam dan Pot Baru
5. Bersihkan Dari Hama dan Penyakit
6. Berikan Pemupukan

Dari keenam point itu sudah kulakukan kecuali point no.3,
Jadi begini ceritanya..dihalaman rumahku ada pohon mangga yang lumayan tinggi menjulang apalagi musim hujan seperti ini daunnya lebat dan hijau.
Positifnya, rumahku jadi adem dan asri karena adanya pohon mangga itu. Tapiiii ternyata tidak bagus untuk tanaman disekitarnya, contohnya tanaman belimbingku ini.
Setiap hari tidak tersentuh sinar matahari karena terhalang pohon mangga.
Maka aku menarik kesimpulan tanaman ini daunnya berwarna kuning karena tidak dapat melakukan fotosintesis, akhirnya kupindah ke tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. Kubiarkan hingga 5 hari ditempat itu sambil disirami pagi dan sore. Yup bukan sulap bukan sihir daunnya satu demi satu menghijau dan lama-lama hijaunya rata semua. Yeayyy aku berhasil... senang sekali rasanya bisa menyelamatkan jiwanya😂

Nah beginilah penampakan si belimbing cantik.
Warna hijau daun itu karena tanaman itu mampu membuat makanannya sendiri yang dihasilkan dari sinar matahari. Eh iyaa bayi aja perlu dijemur dibawah sinar matahari supaya dapat vitamin D kok, apalagi kita yang usia sudah kepala 3 ini pastinya butuh banget sinar matahari supaya tulang ini tidak “peyok”😂mayan khaaaannn.... eeeee tapi jangan lama-lama nanti gosonk loh😅
Setelah diberikan penyinaran cukup langsung deh ijo2 segeerrrr

Comments

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik

Operasi Sinusitis