Operasi Sinusitis

Operasinya tidak sakit, tapi menyiksa..


Aku mau berbagi tentang pengalamanku operasi sinusitis, yaitu tanggal 02 Mei 2017.
Semoga tidak ada orang yang mengalami hal yang sama denganku "mempunyai penyakit sinusitis", karena sangat menyiksa.
Awalnya aku tidak tau apa itu sinusitis, gejalanya sama seperti pilek biasa.

Hampir setiap pagi dan malam hidungku buntu tersumbat, aku biarkan saja toh tidak mengganggu.
Pilekku disertai batuk yang tidak berhenti, sudah hampir 3 bulan aku batuk tidak sembuh-sembuh. Batuknya tidak sakit tapi sangat mengganggu dan capek rasanya hehe. malu dikantor batuk terus. Tanda sinusitis sudah parah adalah disertai panas yang tinggi.
Tiap malam aku panas tinggi..dan aku tidak kuat..
makin parah ketika aku berada pada udara dingin, secara kan ruangan dikantor AC nya sangat dingin.

Kuperiksakan ke dokter kenapa gejala ini makin parah. Dokter menyarankan untuk foto CT scan hidung ke laboratorium.

karena saking sudah tidak kuat, aku pergi ke laboratorium klinik untuk foto CT scan, hasilnya cukup mengagetkan positif terdapat sinusitis akut pada hidung sisi kanan dan kiri. Saran dokter adalah operasi karena efeknya apabila tidak dioperasi sinusitis bisa naik keatas masuk kedalam rongga otak dan menyebabkan meningitis, sereeeemmm. seketika langsung shock😒😒

Tidak berpikir lama, segera aku ambil keputusan..iyah harus operasi sinusitis.
Akhirnya Ijin ke Bapak Bos tidak masuk kerja 3 hari karena Operasi.


Kebetulan aku operasi menggunakan BPJS kesehatan sehingga tidak dipungut biaya apapun.
Padahal harga normalnya untuk operasi sinusitis kelas II sekitar 7 juta, lumayan mahal juga..

Aku mulai mencari tau tentang apa itu sinusitis di mbah google,hehe parno banget😒

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur. Beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain: Sinusitis akut, Sinusitis Subakut, Sinusitis Kronis, Sinusitis Kambuhan.

 

Penyebab Utama dan Faktor Pemicu Kemunculan Sinusitis

Penyebab sinusitis yang paling umum pada orang dewasa adalah karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, polusi, debu, udara dingin serta kebiasaan merokok.

Langkah-langkah Mendiagnosis Sinusitis

Diagnosis sinusitis bisa dilakukan oleh dokter dengan melihat gejala yang terjadi, misalnya hidung tersumbat atau beringus dengan rasa nyeri pada wajah dan batuk yang tak kunjung sembuh. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada hidung pasien, jika sinusitis yang diderita sudah parah atau muncul kembali.

πŸ‘‡πŸ‘‡
Pengalamanku menjalani operasi sinusitis

Operasi dimulai sore hari pukul 18.00. kenapa sore hari? karena paginya harus puasa sebelum operasi.. operasi sinus ini bukan operasi ringan loh..aku dibius total..😒

Saat aku operasi kebetulan suami menemani sampai selesai, senengnya.. tapi esok harinya suami harus dinas ke Jakarta, sedihnya saat aku susah bernapas karena efek sinus, tapi suami kerja..hiks..tidak masalah aku yakinkan pada diriku sendiri bahwa aku kuat, alhamdulillah saat itu masih ada ayahku yang membantu banget nungguin aku selama 3 hari di RS (hiks jadi ingat Ayah 😒 kangen Ayah) yang bersedia aku repotin untuk riwa-riwi ngurusin administrasi dan keperluanku selama operasi..

Rasa yang menyiksa dimulai..

Saat aku masuk ruang operasi jantungku deg deg an,, sampe ndredegnya kerasa didada..dan tidak bisa kukontrol.. makin ndredeg saat lihat alat-alat operasi yang terdiri dari gunting dan pisau..
Aku sempat bilang ke Pak Dokter, pak saya ndredeg tidak bisa dikendalikan...sangat nderedeg..

Pak Dokter bilang," mbak rilex saja..rilex ya semua akan baik-baik saja" sambil menyuntikkan cairan di kantong infusku..seketika langsung nyess dan aku mengantuk..

Operasipun berjalan sekitar 30 menit..

Ketika mataku sudah terbuka aku bangun dan tiba-tiba berada diruang pemulihan pasca operasi, disana terlihat suamiku dengan senyumnya.

Hati ini lega operasi berjalan dengan lancar.

Ternyata semuanya belum berakhir..

Aku merasa susah bernapas, info dari dokter pada kedua hidungku dimasukkan gulungan perban untuk menahan aliran darah yang keluar pasca operasi. Dan perban itu menutup rapat kedua hidungku. Dokter mengajariku teknik bernapas melalui mulut. Ya Allah aku harus bernapas melalui mulut selama 3 hari..dan itu capek..andai ada yang tau rasanya bernapas lewat mulut karena hidung disumpel perban..hiks..

Jangankan bernafas, untuk ngobrol aja susah sekali karena harus bergantian mengatur nafas dan berbicara.. ya Allah kayak kuliah manajemen aja, kalo yang ini istilahnya manajemen pernapasan hehehe..

Belum lagi untuk makan, penuh dengan perjuangan agar nasi bisa kumakan..harus dipaksa agar aku makan..
bayangkan kita harus bisa makan dan bernapas dalam waktu yang bersamaan melalui mulut..Ya Allah aku tidak tahan ingin sekali waktu 3 hari itu cepat berlalu..kenapa sangat lamaa..

Makanan untuk pasien operasi sinusitis yang diberikan adalah nasi dengan bantuan kuah agar tidak tersedak ketika menelan. Dari rumah aku membawa kurma untuk mengurangi pendarahan di hidung, dengan maksud biar cepet sembuh hehe..tapi tetap saja susah makannya..haha

Pada hari ke-3 di RS aku sudah tidak betah, ingin sekali perban ini dicabut dari hidungku..
Nafas ini makin susah.. sampe parno kalau sampai aku kehabisan oksigen bagaimana..hiks..hiks..

Waktu seperti berjalan lama...

Tibalah saatnya malam hari dokter bilang perbannya siap diambil!

Aku disuruh masuk ruang Poli THT,
dan giliran perbanku dicabut..Dokter menarik dan mencabutnya menggunakan alat seperti gunting kecil.. Masha Allah.. Saat kulihat ternyata perban yang keluar dari hidungku sangat panjang kira-kira 10 cm.. dan perban itu bertengger 3 hari didalam kedua hidungku..πŸ‘€πŸ˜’

Dan setelah itu..LEGAAAAAA..PLONGGGGGG.. penderitaan berakhir..

Tapi ngga boleh seneng dulu, karena dokter sudah memberikan wanti-wanti untuk menjaga agar sinusitis tidak kambuh..

Caranya dengan,
1. Sujud yang lama agar sinusitis turun dan tidak mengendap dibagian dalam hidung.
2. Menghindari polusi dan debu, kemana-mana harus memakai masker penutup hidung.
3. Menghindari udara dingin, itulah kenapa dikantor selalu pakai selimut.
4. Menghindari asap rokok, jadi benci banget kalo ada orang merokok.

Alhamdulillah sekarang sudah mau setahun pasca operasi sinusitis dan tidak kambuh..harus benar-benar dijaga karena aku ngga mau operasi lagi..sudah kapok cukup sekali aja..✌✌

Semoga bermanfaat, dan teman-teman ngga ada yang punya penyakit sinusitis kayak aku. 😊

Semangaaattt^_^



Suciani
28-02-2018












Comments

  1. Setahun lalu Saya oprasi sinus jg kak
    Tp udah seninggu ini sinusku kambuh,mau kedokter udah takut duluan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik