Perpanjangan STNK 5 tahunan dan Balik Nama

Sabtu tanggal 24 November 2018 kemarin waktunya perpanjangan 5 tahunan motorku.
Mau sedikit share step by step perpanjangan STNK 5 tahunan dan balik nama..
kenapa aku share..
karena bagi yang nol info belum pernah perpanjangan STNK motor 5 tahunan begitu sampai di SAMSAT nanti dilempar sana sini seperti yang terjadi padaku hehe..

Ceritanya motor Honda beat merahku atas nama alm. ayahku sudah 5 tahun saatnya perpanjangan STNK, tapi karena ayahku sudah meninggal dunia maka harus balik nama kendaraan atas nama anaknya. Kebetulan aku sebagai atas namanya..
Pertama yang kulakukan aku menghubungi temanku yang pernah melakukan perpanjangan ini, karena dia domisili daerah Sepanjang-Sidoarjo maka SAMSAT ikut Krian. Aku kira meskipun aku daerah Waru sama-sama Sidoarjo nya, maka aku meluncur ke SAMSAT Krian bersama Suami (Kebetulan suami tidak sedang luar kota), maklum karena hampir setiap minggu suami tugas luar kota. Setelah sampai di SAMSAT Krian kami parkir motor dan langsung membeli Map merah yang tandanya untuk perpanjangan motor 5 tahunan. Setelah mengisi kelengkapan data di Map Merah kami langsung menuju cek Fisik kendaraan.

Daann.. saat cek Fisik, petugas bilang bahwa aku salah tempat! What? Petugasnya bilang kalau domisili daerah Waru maka SAMSATnya ikut Sidoarjo. Ketambahan lagi SAMSAT Sidoarjo ditempat yang Baru bukan yang lama. Pusing seketika...
Bapaknya ( aku menyebut petugasnya dengan sebutan Bapak karena ybs sudah tua), dia memberikan alamat SAMSAT Sidoarjo yaitu di Jalan Raya Cemengkalang No.12 Ngemplak, Cemengkalang-Sidoarjo. Ekspresiku saat mendengar kata Cemengkalang/Ngemplak agak kaget karena seumur-umur tinggal di Sidoarjo ga pernah tau kalau ada nama daerah itu wkwkwk kuper banget ya aku hehe.
Oke, aku iyakan bapaknya.. dan membawa motor Honda Beat nya ke SAMSAT Sidoarjo di Cemengkalang..berdasar google map akhirnya kami menemukan itu samsat..ternyata cukup jauh juga dari Samsat Krian. wiuhhhh...gpp lah anggap saja nostalgia sama suami, pacaran naik motor haha..

Padahal kami berangkat dari rumah jam 7 pagi berharap tidak antri, eh ternyata harus nyasar dulu salah tempat Samsatnya. Akhirnya sampai di Samsat Sidoarjo pukul 9 pagi. Dan ternyata sampai di kantor Samsat antriannya  bagai ular. Begitu parkir motor mataku celingukan mencari para calo yang biasa di tempat parkiran, wuiiih ternyata bersih sih. Lalu aku tanya ke tukang parkir dimanakah mereka gerangan? Ternyata mereka sudah tak boleh lagi beroperasi di situ. Ah jadi membayangkan mereka lalu membuka jasa dimana ya?


Beberapa bapak-bapak sepertinya juga sedang longok -longok cari calo. Aku sapa dengan senyum, dan beliau pun bertanya padaku dimana ya calo-calo itu, lalu aku jawab sudah nggak ada Pak . Takut sama satgas. Beliau rupanya sepertinya baru pertama kali ngurus sendiri, katanya biasanya hanya pasrah ke calo dan menunggu nggak sampai satu jam selesai.

Gedung bangunan Samsat Sidoarjo ini bagusss meskipun tempatnya dipinggiran kota Sidoarjo, iyalah namanya juga bangunan baru. Tempat pos satu ke pos yang lainnya tertata rapi sehingga kami tidak kebingungan bertanya sana-sini.

--------Nah berikut ini langkahnya ya kalau mau perpanjangan pajak :--------

* Ketika mau parkir kita diberi keplek oleh tukang parkir,untuk pajak tahunan berwarna biru sedangkan yang lima tahunan kepleknya berwarna merah.
* Setelah itu kita harus fotocopy KTP. STNK, BPKB. (bisa fotocopy di dekat kantin samsat, bisa juga di depan gedung dekat formulir cek fisik). Kalau sudah fotocopy dirumah tinggal beli mapnya dan minta dijepret baik fotocopy ktp,stnk, bpkb maupun yang aslinya. Kalau yang lima tahunan mapnya warna merah, yang setahun mapnya warna biru.
( yang ini sudah kulakukan ketika di Samsat Krian)


* Lalu kamipun pergi ke bagian cek fisik untuk ambil formulir di bagian belakang. Di sini kita akan diberi formulir dan stiker untuk menggosok nomor mesin. Isilah formulir, jangan lupa bawa bolpoint untuk mengisinya daripada pinjam.


* Bawa kendaraan ke bagian cek fisik, tempatnya dekat parkiran. Kendaraan kita  akan digosok nomor mesinnya.
Kemarin petugasnya hanya satu, sudah agak tua pula jadi antriannya panjang, lama dan panas pula. Duuuh butuh kesabaran yang tinggi. Untung 2 petugas bagian cek fisik mobil segera membantu, bisa-bisa 2 jam antrinya. Aku antri di sini sekitar satu jam .


*Cek fisik kelar dan stiker sudah ditempel di formulir, maka formulir kita kembalikan lagi ke bagian pas pertama ambil formulir cek fisik untuk ditanda tangani. Kelar ditanda tangani, berikan ke ruangan sebelahnya,  kita akan diberi lagi formulir warna biru yang lebar. Isilah sesuai dengan contoh yang ada di meja. Kalau kurang paham mending dikosongi.

* Masuk ke ruangan untuk antri daftar ke bagian kasir. Tunggulah hingga petugas memanggil. Bayar di kasir, lalu kita tunggu panggilan untuk menyerahkan map dan akan diberi surat pajak yang baru.

*Tunggu panggilan kembali untuk mengambil surat STNK baru. Setelah itu  keluar untuk antri ambil nomor kendaraan.(kurang lebih 10 menit nomor sudah jadi)
Jadi deh tinggal pulang. Duuuh kemarin saya mengurus dari jam 9 pagi selesai jam 12.00. paling lama nunggu cek fisik


------Untuk pendaftaran balik nama nya menjadi atas namaku prosesnya seperti ini: -------

Dilakukan di loket pendaftaran Balik Nama yang terletak di dalam gedung SAMSAT. Berkas yang harus disiapkan antara lain: STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, Hasil cek fisik yang telah divalidasi, dan Kwitansi pembelian motor yang ditandatangani di atas materai Rp6.000.
Setelah menunjukkan berkas kepada petugas dan diperiksa kelengkapannya, nanti akan diberi formulir untuk diisi, yang kemudian diserahkan kembali ke petugas di loket lain beserta berkas kelengkapan. Setelah menunggu dipanggil akan diberi tanda terima bahwa berkas sedang diproses.
BPKB dan KTP asli dikembalikan padaku, dan diminta membayar biaya pendaftaran balik nama. 
Nah selesai sudah proses pendaftaran balik nama.
Namun BPKB yang baru atas namaku bisa diambil 6 bulan setelahnya. Cukup lama juga ya hehe..

Just info saja :
Jam buka SAMSAT : Senin - Kamis dari Jam kerja sekitar pukul 7:30- 12:00 untuk istirahat. Lalu lanjut lagi pukul 1 siang. 
Kalau hari Jumat sampai pukul 11:00 . 
Sabtu buka tetapi hanya setengah hari sampai pukul 12.00 saja.

Akhirnya urusan pajak 5 tahunan dan balik nama motor Honda Beat merahku di samsat sidoarjo selesai, walau butuh kesabaran yang tinggi..

Comments

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik

Operasi Sinusitis