Mastitis

Bagi yang belum tau istilah mastitis itu apa, bisa googling ya teman..

Mastitis versi aku adalah pembengkakan pada payudara (PD) ibu menyusui, bengkak dan keras sampai badan ikut meriang. Selama 3 bulan menyusui Rania aku mengalami mastitis 2x dan sangat tidak enak. Kebetulan anak keduaku perempuan sehingga caranya menyusu pun berbeda dengan kakak laki-lakinya yang kenceng. Kalau perempuan nenen nya lemah lembut kayak putri solo. Hehe. Mastitis ini mampu disembuhkan dengan cara PD disusuin ke bayi sesering mungkin. Karena Rania ini nyusunya lemah lembut pelan-pelan (sepertinya dihayati hehe). Apalagi kalau malem ini bayi boboknya lama, hemmm rasanya pengen kupaksa bangun aja biar PD ini segera disedot bengkaknya😂. Langsung disodorin gitu gpp kali yah. Bundanya yang gemess bahkan sampai PD ini netes2 asi nya😭, mau dipumping juga stocknya buat sapa ya kan. Aku buat bobok sebentar hanya 3 jam gitu PD uda penuh aja, sedangkan si Adek Rania belum waktunya nenen, pusiinnggg kan..hehe. Akhirnya ditahan sampai pagi, buat tidur miring kiri ngga enak miring kanan ngga enak cuma bisa diem kayak patung wkwkw. Belum lagi ketika bangun pagi si adek Rania ternyata juga belum bangun, hiks lengkap sudah penderitaan ini..terus si kakak tiba-tiba nyenggol ini PD duuuuuh sakitnya minta ampun sampai naik ke ubun-ubun.
Mastitis ini tidak hanya dialami full time mommy yang dirumah, ibu kantoran/wanita karir pun sangat mengalaminya. Terutama misal saat jam nya harus pumping tapi ternyata ada meeting..otomatis harus tertunda kan pumpingnya, bengkak deh tu PD😂. Atau waktunya pumping ibu bekerja masih harus nyelesaikan deadline tugas dari bos akhirnya tertunda lagi tu pumping, daannn bengkak lagi deh itu PD😂. Apapun itu wanita karir ataupun hanya IRT yang rajin-rajin ya memerah ASI hehe biar ngga kena mastitis, selain itu biar asi nya lancar juga ya bunda..
Kembali lagi harusnya aku bersyukur yah dikasi rejeki asi lancar sampai tumpah2,banyak ibu-ibu diluar sana yang produksi asi nya kurang. Kalau mastitis belum sembuh juga bisa dipijat2 sekitar PD untuk ngilangin bengkaknya. Cara yang terakhir jika mastitis belum sembuh lebih baik datang konsultasi ke dokter laktasi untuk pemeriksaan PD lebih lanjut.
Sekian dan terimakasih..


Comments

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik

Operasi Sinusitis