Bye bye Boyok'an...with birth ball (gym ball)

Hai teman-teman kali ini aku mau share tentang sebuah alat..
Alat yang sangat membantuku.. Well, ini diaa Birth Ball (Gym Ball)..

Gym ball ini sangat menolongku disaat pinggulku sakit/nyeri terutama di usia kehamilan trimester ketiga, karena beban berat menumpu dedek dalam rahim yang makin lama makin gede aja..dan mungkin kurang kalsium juga ya teman-teman karena kalsiumnya ibu hamil kan rebutan dengan dedek bayi, si dedek nyerap kalsiumku kebanyakan kalii ya..hahaha jadi ibunya yang ngalah rela boyok'an..
Atau nyeri pinggul saat hamil besar juga bisa disebabkan kurang olahraga, terlalu lama duduk/berdiri sehingga menyebabkan tulang panggul dan tulang belakang tegang..

Eits,, tapi harus diperhatikan juga tata cara pemakaiannya yaa..


Gym ball ini bisa digunakan oleh bumil dengan catatan sudah memasuki usia kandungan>32 minggu dan posisi kepala dedek sudah di bawah.

Kalau masih sungsang, jangan main gym ball dulu yaa. Karena khawatir malah bokongnya dedek yg masuk ke panggul jadinya malah makin sungsang deh posisinya..

Aku sendiri pakai gym ball start dari usia kandungan 33 minggu karena dokter sudah menyatakan posisi dedek sudah mapan di bawah panggul.

Selain untuk menghilangkan nyeri panggulku, masih banyak lagi manfaat Gym ball untuk bumil, simak yaa:
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim, plasenta, dan bayi
  • Mengurangi tekanan pada tulang belakang
  • Saat duduk di gym ball, membuat postur tubuh kita tegak di mana hal tersebut sangat berpengaruh dengan gravitasi yang akan mendorong kepala bayi semakin mudah dan cepat turun ke dalam panggul
  • Dapat meningkatkan outlet pelvis sebanyak 30%, yang juga mendorong turunnya bayi
  • Membuat rasa nyaman pada ibu hamil, mengatasi rasa sakit dan nyeri pada kehamilan trimester akhir
  • Memberikan tekanan balik ke perineum dan paha, jadi terasa seperti dipijat
  • Yang paling penting: Memposisikan bayi di posisi yang benar, tepat sebelum kelahiran
  • Pada saat proses persalinan, gym ball dapat mempercepat proses pembukaan dan lebih mudah untuk bayi segera turun, selain itu dapat memberikan rasa nyaman dan mengalihkan dari rasa sakit kontraksi.
Banyak kan manfaatnyaa..?
 
Nah, cara menggunakan gym ball nya bagaimana..?  
Sederhana dan mudah banget dilakuin.. Kita tinggal duduk aja di atas gym ball, kemudian lakukan gerakan goyang panggul melingkar (pelvic rock), memantul lembut (bounching) untuk membantu turunnya kepala bayi ke panggul, bergoyang maju-mundur, samping kanan-kiri. Masing-masing lakukan 20x gerakan, atau disesuaikan aja.
Oia pesan dari bidan/ instruktur senam hamil ku dulu, saat main gym ball ini usahakan kedua kaki dibuka selebar-lebarnya, jadi memang seperti 'duduk ngangkang' gituu. 


Nah coba gambar diatas di zoom yang gede buat dibaca baik-baik, bagus tuh isi penjelasannya..
Baiklah, cukup sekian cerita tentang gym ball nya, yang saat ini jadi barang favoritku. Pokoknya ngga bakalan nyesel rajin main olahraga gym ball selama hamil tua, bahkan setelah dedek lahir pun juga masih bisa digunakan nih alat :)

Have a nice day!

Suciani


Comments

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik

Operasi Sinusitis