Spider

☺ Laba - Laba piaraan Fathan ☺


Ceritanya gini,,
Tanaman di halaman depan rumah kami makin rimbun..dan musim hujan ini membuat makin ijo makin lebat..
Aku suka banget tanaman, dari dulu punya cita-cita kalo punya rumah pengen yang asri segerr dilihat..alhamdulillah keturutan 👀 tapi saking malesnya daun-daun kering yang berguguran jarang banget aku sapu..paling sebulan sekali baru sempat nyapu udah untung hahaha..

Alhasil, karena tumpukan daun kering menggunung jadilah tempat bersarang binatang jenis serangga..yang mau kuceritakan ini adalah laba-laba..
" Bunda piara laba-laba? kok besar sekali sampai ada anaknya" celetuk Mas Fathan. Saat aku lihat ternyata benar laba-laba induknya gedee banget..kira-kira umurnya 6 bulan...karena sekitar 6 bulan yang lalu dia bersarang disitu ukurannya tidak segede itu,,dan sekarang tiba-tiba ada anaknya wow...


Ini laba-laba induknya (kalo aku sebut sih Bapaknya), karena perawakannya item gede kayak laki-laki gitu hehe..Pertama kali yang bersarang cuma laba-laba ini...lalu muncul yang lainnya termasuk anaknya..


Ini juga laba-laba induk (aku sebut Ibunya), karena kayak cewek langsing cantik hehe..

Kedua laba-laba itu bersarang beberapa bulan hingga akhirnya muncul baby laba-laba 😁😁

Nah ini dia baby laba-laba dari dua induk tadi (kecil banget tapi keliatan kaaan maap kameranya kurang OK),kalo diamati dia lebih mirip sama ibunya yaaa cantik...

Laba-laba semua itu sengaja aku biarin bertengger disitu, sempat mau ngusir tapi kasihan tidak jadi toh mereka tidak mengganggu..sepertinya mereka sudah nyaman tinggal di pepohonan rumahku..

ohh iya salah satu alasan kenapa aku tidak mau ngusir laba-laba karena aku pernah dengar cerita bahwa laba-laba pernah menyelamatkan Nabi Muhammad di Gua Tsur...waah mulia sekali binatang ini..lebih tepatnya Allah yang menyelamatkan Nabi melalui laba-laba..

Sehingga aku tertarik untuk mengupas tentang bagaimana cara laba-laba menolong Nabi Muhammad dan sejarahnya dalam islam..

👇👇
Disebutkan dalam hadis Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, tentang kisah keluarnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kota Mekah, beliau dikejar orang musyrikin hingga beliau bersembuyi di Gua Tsur.

Mereka melewati gua itu, dan mereka melihat di pintunya ada sarang laba-laba. Mereka berkomentar, ‘Andai Muhammad masuk gua ini, tidak mungkin ada sarang laba-laba di pintu gua ini.’ dan beliau tetap tinggal di dalam gua selama 3 hari.

Dengan adanya sarang burung dan jaring laba-laba itu, orang-orang musyrikin yakin benar kalau tidak ada orang yang masuk Gua Tsur itu. Kalau ada yang masuk, berarti orang tersebut akan merusak sarang laba-laba. 

Akhirnya Nabi berhasil lolos dari kejaran kaum musyrikin yang hendak membunuhnya.

Subhanallah...
Atas izin ALlah SWT, para kaum musyrikin itu tidak bisa melihat dan mendeteksi keberadaan Nabi di Gua Tsur.


kalo dihubungkan dalam sejarah islam, laba-laba merupakan salah satu binatang yang tertera dalam Alquran. Nama makhluk yang satu ini bahkan, dipilih untuk menjadi tajuk sebuah surat, yakni al-Ankabut (laba-laba).  Kata laba-laba, dalam surat al-Ankabut muncul pada ayat ke-41. Ayat tersebut berbunyi, "Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah SWT adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui."

Prof Quraish Shihab dalam tafsir al-Mishbah menjelaskan, ayat di atas menyamakan kaum musyrikin yang menjadi berhala-berhala sebagai pelindung dengan laba-laba yang membuat sarang sebagai pelindung. Sarangnya sangat lemah. Namanya saja rumah atau sarang. 

Padahal, ia sama sekali tidak melindungi dari sengatan panas dan dingin. Sedikit gerakan akan membuat sarang itu  porak poranda. Sama dengan berhala yang namanya diberikan oleh kaum musyrikin sebagai tuhan-tuhan. Padahal, mereka merupakan benda yang lemah.


Terlepas dari maknanya, secara sains, jaring laba-laba sebenarnya dianggap memiliki kekuatan dan daya elastis yang luar biasa. Sejumlah ahli zoologi menilai bahwa benang laba-laba lebih tahan lama dan elastis dibandingkan fiber terkuat buatan manusia. Namun, Allah SWT justru menyebut sarang atau jaring laba-laba adalah materi yang lemah dan rapuh. 


Penulis kenamaan Mesir, Musthafa Mahmud menyatakan, benang laba-laba yang kuat berbeda setelah dia sudah membentuk jaring. Ayat di atas menyatakan bahwa jaring atau sarang laba-laba merupakan selemah-lemahnya rumah meski dibuat dari benang yang kuat. Faktanya, seperti dikatakan Prof Quraish Shihab, kita bisa dengan mudah menghancurkan sarang laba-laba dengan sekali sentuhan.

Karena itu, ayat tersebut merupakan perumpamaan yang dibuat Allah SWT untuk menggambarkan kondisi kaum musyrik. Sebab mereka mengambil dan menyembah tuhan selain Allah SWT dan mengharapkan pertolongan dan kemurahan rezeki darinya. Keadaan kaum musyrik, menurut Allah SWT, tak ubahnya seperti sarang atau rumah laba-laba yang lemah dan rapuh. Oleh karena itu, bila mereka mengetahui dan menyadari keadaannya, tentu mereka tidak akan meminta pertolongan, selain kepada Allah SWT.


Surat al-Ankabut ayat 41 merupakan sebuah perenungan yang hanya dapat dipahami oleh mereka yang berilmu dan senantiasa bertawakal kepada-Nya. Walaupun di surat al-Ankabut ayat 41 rumah atau sarang laba-laba disebut sebagai materi yang rapuh dan lemah, Allah SWT justru memerintahkan seekor laba-laba untuk membuat sarang guna melindungi Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar dari kejaran kaum kafir. Hal itu menandakan bahwa Allah SWT memiliki kuasa terhadap segala ciptaan-Nya. Yang lemah dan rapuh dapat Dia kuatkan, begitupun sebaliknya.
👆👆

Udah yaa kepanjangan ulasannya nanti takut bosen hehe..

Benang merahnya,,
kalo ada laba-laba yang bersarang dirumah kalian selama tidak mengganggu tidak apa-apa.
Kalaupun mengganggu, selama laba-laba bisa diusir tanpa harus dibunuh, maka cukup diusir tanpa harus dibunuh.


"Mas Fathan malah nyuruh bundanya memelihara laba-laba..kujawab iyaa nak biar laba-labanya punyak anak banyak sampai rumahnya jadi peternakan laba-laba"✌✌✌✌




Happy day...
Suciani...




 






Comments

Popular posts from this blog

Setetes asi yang sangat berharga

Strawberry hidroponik

Operasi Sinusitis